Assalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Semoga dengan mengunjungi blog ini dapat menambah pengetahuan bagi kita semua. Amiiin.

Minggu, 28 September 2014

Definisi dari Telematika

     


     Kata Telematika berasal dari bahasa Perancis "Telematique" yang berarti bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Telematika merupakan singkatan dari Telekomunikasi, Multimedia, dan Informatika. Telematika juga dikenal dengan istilah "The New Hybrid Technologi" yang lahir dikarenakan perkembangan teknologi. Perkembangan ini memicu berkembangnya teknologi telekomunikasi dan informatika semakin terpadu (konvergensi).

Keuntungan dan Kerugian dari Penggunaan Telematika

Keuntungan:
  1. Kemudahan dalam memperoleh informasi yang cepat.
  2. Keterbukaan dalam informasi.
  3. Kemudahan dalam memperoleh data.
  4. Menghemat waktu.
     Keuntungan bagi Masyarakat:
  1. Manfaat internet dalam e Business secara nyata dapat menekan biaya transaksi dalam berbisnis dan memberikan kemudahan dalam diversifikasi kebutuhan.
  2. Manfaat internet dalam e Goverment bisa meningkatkan kinerja pemerintah dalam menyediakan informasi dan layanan untuk masyarakat.
  3. Dalam bidang kesehatan dan juga pendidikan secara nyata juga telah memberikan nilah tambah bagi masyarakat luas.
  4. Telematika cukup memberi warna tersendiri dalam perekonomian nasional. Ditandai dengan mulai maraknya sekelompok anak muda membangun bisnis baru menggunakan teknologi Internet, maka Indonesia tak ketinggalan dalam booming perdagangan elektronis / electronic commerce (e-commerce).
  5. Pembangunan sektor Telematika diyakini akan memengaruhi perkembangan sektor-sektor lainnya.
Kerugian:
  1. Adanya cyber-crime yaitu mengkloning data.
  2. Penyadapan data.
  3. Mengubah data tanpa diketahui oleh pemilik data.
  4. Penyebaran konten-konten yang dapat merusak.
  5. Kecanduan bagi anak-anak.
Contoh dari Penggunaan Telematika

     Internet merupakan salah satu contoh dari penggunaan telematika, saat sekarang ini pengaksesan internet sangat mudah dilakukan baik menggunakan komputer ataupun smartphone. Selain internet ada juga yang disebut GPS (Global Positioning Satellite), yaitu merupakan alat navigasi yang memudahkan dalam menentukan sebuah lokasi. GPS dapat membantu pengendara dalam menunjuk arah yang akan dituju atau mencari jalur alternatif. Dan masih banyak contoh penggunaan telematika lainnya.



Sumber :
kombinasi.net/apa-itu/telematika
uzi-online.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Daftar Isi