Assalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Semoga dengan mengunjungi blog ini dapat menambah pengetahuan bagi kita semua. Amiiin.

Sabtu, 24 Maret 2012

Percakapan Antara Malaikat Jibril dan Nabi Muhammad SAW Tentang Kiamat

Dari Umar ibnu Khattab ra beliau berkata : “ Pada suatu hari tatkala kami sedang duduk-duduk bersama Rasulallah saw. lalu datang seorang laki-laki. Pakaiannya sangat putih. Rambutnya sangat hitam.

Tidak nampak tanda-tanda bahwa dia dari perjalanan. Tidak seorangpun diantara kami yang mengenalnyaa. Kemudian orang tersebut duduk berhadapan dengan Rasulullah SAW.Disandarkannyaa kedua lututnya ke lutut Rasul dan kedua telapak tangannya diletakkan pada kedua paha Rasul.


Kemudian orang itu berkata : “ Ya Muhammad, kabarkan kepadaku tentang Islam…” Lalu Nabi menjawab; “ Islam itu bahwa kamu saksikan bahwa tiada Tuhan yang disembah selain Allah dan Muhammad itu utusan Allah. Kamu dirikan shalat, tunaikan zakat, berpuasa dibulan Ramadhan dan laksanakann haji ke Baitullah jika kamu mampu berjalan ke sana.”
Orang itu kemudian berkata : “ Benar engkau…”
kamipun heran (kata Umar) dia yang bertanya dan dia pula yang membenarkan. Kemudian orang tadi berkata pula : “ Kabarkan kepadaku tentang Iman.”
Rasul menjawab;’ Iman, bahwa kamu percaya kepada Allah, kepada para MalaikatNya, Kitab-kitabNya, Rasul-rasulNya, percaya kepadaa hari akhir dan percaya kepada takdir baik atau buruk.” “ Benar engkau,” kata orang itu pula.

Kemudian dia berkata lagi :” Kabarkan kepadaku tentang Ihsan (kebajikan) .”
Nabi menjawab: “Ihsan itu adalah engkau sembah Allah seakan-akan engkau melihatNya, tetapi jika engkau tidak mampu melihatNya, ketahuilah bahwa Dia tetap melihat engkau.”
Kemudian orang tadi berkata pula : “ Kabarkan kepadaku tentang Kiamat.”
Lalu Rasul menjawab :” Orang yang ditanya tidak lebih tahu dari yang bertanya.”
Lalu kemudian orang itu berkata lagi : “Kabarkan kepadaku tanda-tanda akan datang Kiamat. “
Rasul menjawab :’ Bahwa seorang ibu melahirkan pemimpinnya dan engkau akan melihat yang dulunya seseorang yang hidup fakir, berjalan pun tidak beralas kaki namun mereka berlomba-lomba untuk membangun gedung-gedung.”
Kemudian orang itu berpisah dari kami dan aku (kata Umar) bertahan sejenak…lalu Nabi bertanya kepadaku…:” Ya Umar, kamu tahu siapa yang bertanya tadi..”
Aku berkata : “ Allah dan RasulNya lah yang lebih tahu.”
Lantas Nabi bersabda : “ Dia adalah Jibril, dia datang untuk mengajarkan agama kepada kalian.” (H.R.Muslim)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Daftar Isi